Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tempat bersejarah nang kecamatan Puring

Desa Sidobunder, Kecamatan Puring, Kebumen


Tempat bersejarah nang kecamatan Puring

 

Desa sidobunder adalah salah satu desa yang berada dikecamatan Puring Kabupaten Kebumen, desa ini terletak disebelah utara desa sitiadi yang merupakan pusat kota kecamatan. Desa ini memiliki sejarah yang tidak mungkin dilupakan oleh masyarakat desa tersebut.
 

DI Desa Sidobunder terdapat monumen yaitu sebuah tugu untuk memperingati terjadinya pertempuran sengit antara Tentara Pelajar dari Jogjakarta pada tahun 1949 saat terjadinya agresi militer ke II, desa Sidobunder merupakan basis pertahanan dari serangan musuh Belanda yang bermarkas di Gombong, banyak korban berjatuhan ada sekitar 23 TP yang gugur di desa tersebut dan juga dari masyarakat sekitar.

Banyaknya korban jatuh karena kebanyakan tentara pelajar tersebut berasal dari Sulawesi yang kurang memahami peta wilayah, pada tanggal 2 September hampir setiap tahun diadakan peringatan di monumen tersebut entah itu upacara, napak tilas maupun kegiatan lain, tokoh - tokoh tentara Pelajar antara lain Bapak Sunarto mantan Lurah Gombong, Martono mantan Menteri Transmigrasi dan banyak tokoh yang akhirnya menduduki jabatan penting di Jakarta."

Hanya seorang "Pembelajar"

Post a Comment

© Wong Puring. All rights reserved. Premium By Raushan Design